Selasa, 15 Februari 2011

Sejarah "GELORA DELTA" SIDOARJO


I. LATAR BELAKANG
Dengan berhasilnya pembangunan di berbagai bidang yang dilaksanakan oleh Pemda Tingkat II Sidoarjo, disisi lain tuntutan terhadap pelayanan kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Salah satu bidang yang mendapat perhatian khusus Pemerintah Dati II Sidoarjo adalah bidang olah raga, dalam upaya pembinaan olah raga tersebut dibangunlah stadion utama yang terletak di kutub barat dalam kawasan Center Point, dengan segala fasilitas penunjangnya, disisi lain diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atua PAD. 
Daerah Kabupaten Sidoarjo yang dikenal dengan nama "DELTA" yaitu suatu daerah yang dikelilingi Sungai Berantas dan laut. Nama yang melegenda di masyarakat Sidoarjo, menjadi usulan unggulan pada lomba "Nama Stadion Utama Sidoarjo" yang diselenggarakan atas kerjasama Pemda Tingkat II Sidoarjo dengan harian Jawa Pos. Dari 279 usulan oleh masyarakat yang datang dari berbagai Propinsi, usulan "GELORA DELTA" diajukan oleh 16 orang yang pada akhirnya terpilih menjadi nama resmi Stadion Sidoarjo "GELORA DELTA" sesuai dengan Keputusan Bupati KDH. Tingkat II Sidoarjo Nomor 110 Tahun 1998. 
III. PERESMIAN
Stadion GELORA DELTA yang diharapkan akan dipergunakan untuk pembukaan dan penutupan PON XV Tahun 2000, pada hari Rabu tanggal 9 September 1998 bertepatan dengan HAORNAS XV Tahun 1998,telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu Bapak Prof. Dr. Ingg. Bacharuddin Jusuf Habibie. Dan telah dilakukan renovasi terhadap Architecture Performance dan Kualitas Fasilitas yang diharapkan siap dipergunakan untuk penyelenggaraan PON XV Tahun 2000.
Saat ini Stadion GELORA DELTA menjadi Kandang dari Klub Sepak bola Profesional asal Sidoarjo yaitu, Delta Putra Sidoarjo (DELTRAS) dan Persida Sidoarjo untuk menggelar pertandingan-pertandingan tingkat Nasional maupun Internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar