Sabtu, 26 Maret 2011

DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP KEHIDUPAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA


IPTEK merupakan segala sesuatu yang diketahui mengenai pengetahuan suatu bidang yang disusun sistematis yang dapat dgunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu di berbagai bidang dengan menggunakan teknologi-teknologi yang ada.
Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Ahli lain, Kast & Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing scientific knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia.
Perkembangan iptek sangat mengagumkan, ini terbukti dengan munculnya ide-ide  kreatif dari otak briliant generasi muda. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar (contoh: petani), kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Demikian juga ditemukannya komputer, yang seolah-olah mampu menggeser kemampuan otak manusia.
Secara singkat kata perkembangan IPTEK ini telah banyak membawa kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia. Namun dibalik itu semua banyak lubang-lubang kelemahan yang dapat dimanfaatkan oleh sekelompok orang untuk berbuat yang tidak baik. Akibatnya, ini akan memberikan dampak buruk bagi manusia dan mengurangi kualitas alam yang ada.

Adapun dampak dari IPTEK adalah sebagai berikut :
1. Dampak IPTEK Terhadap Kebutuhan Pokok
a. Sandang
Ilmu alamiah dan teknologi telah banyak menyumbang dalam bidang sandang, sehingga manusia dapat hidup lebih baik di jaman sekarang. Teknologi pada abad sekarang jauh lebih baik dari abad yang lalu. Dampak negatif dari segala bentuk penemuan alamiah dan teknologi sehubungan denag polimer sintetis, yang biasa disebut plastik menimbulkan keuntungan dan kerugian. Untuk menjawab tantangan ini perlu diciptakan cabang ilmu alamiah dan teknologi yang lebih maju lagi. Misalnya dengan menciptakan jenis polimer yang dapat dihancurkan oleh bakteri pembusuk dengan jalan mencampur polimer itu dengan bahan lain yang menjadi makanan bakteri pengurai. Cara lain ialah memusnahkan sampah plastik dengan membakarnya atau mengolahnya kembali menjadi bahan plastik lagi.
b. Papan
Manusia sangat berbeda dengan binatang, karna manusia memiliki akal. Seperti burung camar yang pandai membuat sarang, namun setelah berabad-abad lamanya tidak terlihat adanya kemajuan sedikitpun. Berbeda dengan manusia yang dapat menyempurnakan tempat tinggalnya. Dari gua-gua alami,pohon,berkembang menjadi rumah di atas tiang penyangga,dan lebih maju lagi kita mampu membuat gedung pencakar langit yang menjulang.
Teknologi selalu mempunyai kelemahan. Apalagi dengan prinsip ekonomi untuk memperoleh untung sebesar-besarnya membuat orang lupa akan timbul akibat sampingan dari penebangan hutan liar. Akibatnya berantai mulai dari erosi,pendangkalan sungai, kematian sumber air, dll.
c. Pangan
Dampak positif ilmu alamiah dan teknologi di bidang pangan, misalnya dalam memperoleh bibit unggul yang banyak produksinya dalam waktu yang relatif singkat. Ilmu itupun telah banyak dimanfaatkan orang misalnya dengan cara pemupukan yang tepat yang sanggup menunjang akar tanaman mengambil zat hara lebih baik, sehingga produksi bertambah banyak.
Dampak negatifnya juga ada misalnya pemakain pestisida tidak saja dapat memberantas hama,tetapi juga membunuh hewan ternak, meracuni hasil panen,meracuni manusia itu sendiri. Setiap penggunaan teknologi selalu memiliki dampak positif dan negatif. Sehingga penting bagi kita untuk menghayati prinsip - prinsip ilmu lingkungan.

2. Dampak IPTEK Terhadap Sumber Daya Alam
a. Minyak Bumi
Minyak bumi saat ini masih merupakan sumber daya alam paling utama untuk memenuhi kebutuhan energi dunia. Dampak negatifnya, hasil pembangunan minyak bumi berupa gas oksida, seperti karbon monoksida yang bersifat sangat beracun. Gas CO ini dapat meracuni sel-sel darah merah sehingga tidak mampu berfungsi lagi sebagai pengangkut oksigen dalam jaringan tubuh.
Penggalian minyak bumi membawa akibat polusi daerah sekitarnya, karena tumpahan minyak bumi itu jelas merusak tumbuhan atau hewan yang hidup di daerah itu. Tentu saja dampak itu ada juga yang sampai pada manusia.
b. Batu Bara
Penambangan batu bara menimbulakan dampak negatif, misalnya cacing tambang,marabahaya yang mungkin menimpa para penambang. Minyak bumi dan batubara termasuk SDA yang tidak dapat diperbarui. Meskipun demikian berkat teknologi maju bahan tersebut dapat didaur ulang.
c. Air
Air walaupun merupakn sumber daya alam yang dapat diperbarui artinya setelah dipakai dapat dibersihkan kembali, tapi pembersihan itu tidak selalu sempurna, sehingga lama kelamaan air bersih yang kita perlukan makin hari makin menurun kuantitas dan kualitasnya.
d. Hutan                                      
Pembabatan hutan yang semena-mena menyebabkan tunas muda atau tumbuhan muda mati dan tak akan tumbuh lagi. Meskipun sumberdaya alam itu dapat diperbarui tetapi ada batas toleransinya.
e. Tanah
Bila pemakaiannya melampaui batas juga menjadi rusak, artinya tidak dapat dibiarkan lagi sebagai lahan pertanian. Misalnya tanah itu dibiarkan dalam keadaan kosong lalu terkena erosi terus-menerus, maka bagian tanah yang subur hilang dan tinggallah padas atau batu yang tidak lagi dapat menjadi lahan yang dapat ditanami.
f. Sumber Daya Zat Radioaktif
Sinar yang timbul dari zat radioaktif itu ada tiga macam, yaitu sinar α (alpha), sinar β (beta), sinar γ (gamma). Sinar ini ada yang mempunyai sifat- sifat yang menguntungkan seperti buahnya lebat, umurnya singkat, dan sebagainya. Manusia memanfaatkan sifat ini untuk pertanian.
Dampak negatif dari sinar radioaktif atau nuklir ialah merusak lingkungan. Kapal-kapal nuklir tidak dikehendaki kehadirannya di suatu negara, karena kemungkinan meninggalkan sampah-sampah nuklir. Sampah nuklir itu mungkin tersentuh tumbuhan laut, selanjutnya dimakan oleh ikan dan ikan mungkin kita makan. Dan dampak negatif itu tidak kita rasakan sekarang namun akan berdampak pada anak keturunan kita, misalnya cacat.

3. Dampak IPTEK Terhadap Ekonomi dan Industri
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut. Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain :
1.    Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
2.    Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.
Mesin-mesin hasil Ilmu Alamiah dan Teknologi banyak membantu manusia dalam memperoleh barang kebutuhannya, tapi setiap kali ada keuntungan ternyata selalu ada kerugiannya. Industri terdapat tiga komponen, yaitu masukan (input), proses, dan hasil-hasil (output). Dari segi masukan, industri mempunyai dampak negatif, misalnya:
1. Suatu industri pembuatan kayu lapis membutuhkan bahan baku berupa kayu gelondongan. Yang sering terjadi pengolahan bahan bakuitu tidak memperhatikan batas-batas toleransi dari sumber daya alam hutan dimana kayu itu berasal, sehingga terjadilah kerusakan lingkungan.
2.  Pada saat proses pemotongan kayu terjadi kebisingan. Kebisingan itu dapat menimbulkan pendengaran kurang peka dan daya tangkap otak manusia mengalami kemunduan.

4. Dampak IPTEK Terhadap Transportasi dan Komunikasi
a.  Transportasi
IPTEK telah memberikan dampak positif yang besar dalam bidang transportasi, misalnya mobil, kereta api, kapal laut,pesawat terbang dan sebagainya. Pada zaman dahulu orang mengelilingi dunia memerlukan waktu tahunan, tetapi sekarang dengan pesawat terbang cukup beberapa hari saja. Namun dampak negatifnya adalah polusi udara yang ditimbulkan dari alat transportasi tersebut.
b.  Komunikasi
Pada saat ini kita mudah sekali mengadakan pembicaraan telepon antarbenua. Dengan bantuan IPTEK memang benar manusia lebih mudah mengadakan komunikasi.

5. Dampak IPTEK Terhadap Sosial dan Budaya
Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat bahwa :
1. Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
2. Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
3. Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:
1. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
2. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3. Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

6. Dampak IPTEK Terhadap Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
1.  Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
2. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Di samping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
1. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.

7. Dampak IPTEK Terhadap Politik
Dalam kaitannya dengan perkembangan IPTEK, bidang politik juga tidak terlepas dari perkembangan IPTEK itu sendiri, baik itu dalam skala local maupun dalam skala internasional. Dalam bidang politik ini, dampak dari perkembangan IPTEK itu banyak sekali mendatangkan manfaat yang bersifat positif bagi perkembangan dan kebutuhan manusia. Misalnya seperti yang kita ketahui pada masa modern sekarang ini, terdapat berbagai macam jenis peralatan pertahanan keamanan Negara yang telah dihasilkan dengan adanya perkembangan IPTEK seperti, adanya mobil lapis baja, pesawat perang yang handal dengan kecepatan yang luarbiasa, berbagai jenis senjata api yang dapat digunakan untuk jarak jangkauan yang sangat jauh. Yang kesemuanya itu tentu sangat bermanfaat bagi kesejahteraan dan kelangsungan dunia terutama dalam bidang politik dan pertahanan.
Dengan adanya berbagai macam jenis peralatan dan sejnata yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK tersebut, kesemuanya itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah untuk memelihara keamanan dan ketertiban serta berbagai ancamaan yang datang dari dalam Negara itu sendiri, maupun ancaman yang datang dari Negara lain.
Namun demikian, dengan adanya berbagai hasil yang diciptakan oleh perkembangan IPTEK tersebut, kita juga tidak boleh sampai lupa, bahwa dibalik dampak positif yang dihasilkan perkembangan IPTEK tersebut, juga terselip dampak negative yang harus tetap kita waspadai, yang sewaktu-waktu akan dapat mengancam keselamatan dari manusia itu sendiri.
Pada saat-saat sekarang ini, kita sering melihat di berbagai tayang berita-berita dari berbagai daerah di belahan dunia ini, sering sekali kita mendengar dan menyaksikan berbagai aksi perusakan, pembunuhan masal, dan berbagai tindakan criminal lainnya, yang disebabkan oleh adanya penyalah gunaan dari teknologi itu sendiri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga kesemuanya itu harus diingat oleh sitiap orang agar dalam pemanfaatan teknologi itu sesuai dengan tujuan awal teknologi itu diciptakan, yatu untuk membantu manusia mempermudah urusan manusia yang sulit menjadi mudah, bukan sebaliknya mempersulit manusia, bahkan memusnahkan manusia itu sendiri.
Untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan secara singkat mengetani dampak positif dan negatif dari perkembangan IPTEK, yaitu:
a) Dampak positif.
1.    Dapat mempersiapkan generasi yang akan siap untuk memimpin pada masa yang akan datang.
2.    Dapat mempertahankan kemerdekaan Negara dengan memciptakan berbagai peralatan pertahanan, seperti pesawat tempur, mobil lapis baja, senjata berkekuatan jarak jauh, dll.
3.    Dapat membantu terciptanya perdamaian dunia, yaitu dengan melakukan kerjasama dalam pelatihan kegiatan perang dengan antar Negara.
4.    Dapat menjalin kerja sama dengan antar Negara, untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh sebuah Negara. Dll
b) Dampak negatif
Selain mendatangkan dampak negative bagi manusia, perkembangan IPTEK juga dapat mendatangkan dampak negative yang akan dapat membahayakan kehidupan manusia, meskipun pada awalnya perkembangan IPTEK itu ditujukan untuk kesejahteraan manusia. Diantara dampak negatif tersebut adalah:
1.    Terjadinya penyalahgunaan hak-hak rakyat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
2.    Terjadinya kecurangan dalam bidang politik yang dapat merugikan masyarakat
3.    Terjadinya peperangan dan penggunaan senjata pemusnah masal yang dapat membunuh banyak orang.
4.    Terjadinya penjajahan atas Negara lain oleh Negara yang memiliki perkembangan IPTEK yang lebih kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar